Fitur Utama dan Kelebihan Windows 10

Fitur Utama dan Kelebihan Windows 10

Setelah Microsoft meluncurkan Windows 10 ini pada akhir bulan Juli lalu. Windows 10 kini sudah bisa di download secara gratis bagi pengguna windows 7 dan Windows 8.1 untuk melakukan upgrade OS. Kehadiran Windows 10 disambut baik oleh para pengguna setelah kecewa dengan Windows 8 yang kurang memuaskan. Windows 10 ini benar-benar berbeda dibandingkan pendahulunya, karena dirancang dari nol, bukan sekedar perbaikan dari versi sebelumnya. 

Fitur yang menjadi ciri khas Windows 10 ini adalah tampilan start menunya yang menarik, dan search bar Cortana. Tidak cuma itu masih ada fitur menarik lainnya yang akan diulas pada postingan kali ini.



1. Tombol Start dan Start Menu Baru

Keputusan Microsoft menghilangkan start menu di Windows 8 membuat para pengguna kecewa, sehingga berdampak pada hasil penjualan yang mengecewakan. Sadar akan kesalahannya Microsoft menghadirkan kembali start menu tersebut di Windows 10, dengan konsep desain yang berbeda dari sebelumnya. 

Pada bagian kiri start menu ala Windows 7 yang terdapat daftar menu aplikasi, pengaturan, dsb. Sedangkan, pada bagian kanan berisi icon-icon aplikasi Metro UI design ala Windows 8. Maka pantaslah jika banyak yang menilai bahwa Windows 10 ini disebut sebagai perpaduan antara Windows 7 dan Windows 8.

Start menu ini bisa diubah ukuran panjang dan tingginya sesuai keinginan, hanya dengan cara didrag.

Fitur Utama dan Kelebihan Windows 10

2. Cortana

Seperti halnya google now, cortana berfungsi layaknya asisten virtual yang akan melakukan berbagai perintah atau menjawab pertanyaan yang kita berikan. Fitur cortana ini berada di samping tombol start. Cara menggunakannya cukup dengan mengatakan "Hey, Cortana" maka dia akan merespon dan menanyakan keperluan kita.

Fitur Utama dan Kelebihan Windows 10

3. Virtual Desktop dan Task-View

Virtual desktop adalah fitur baru yang belum pernah ada sebelum Windows 10. Bagi para pengguna yang terbiasa multitasking akan sangat terasa manfaatnya jika menggunakan fitur ini. Fitur ini berfungsi untuk membuat lebih dari satu tampilan desktop. Misalnya, desktop pertama menjalankan program office dan notepad, desktop kedua menjalankan aplikasi download youtube, IDM, torrent, dan seterusnya.

Fitur Utama dan Kelebihan Windows 10

4. Microsoft Edge, Pengganti Internet Explorer

Internet Explorer sudah dihapus oleh Microsoft. Sebagai penggantinya adalah Microsoft Edge, yang hadir dengan desain dan beberapa fungsi baru yang menarik. Misalnya ketika kita browsing dan menemukan informasi yang perlu dicatat. Maka cukup mengunakan fitur edit, halaman web tersebut bisa langsung dicorat-coret dan ditambahkan catatan-catatan.

Fitur Utama dan Kelebihan Windows 10

5. Hybrid Mode

Kekurangan dari tampilan Metro UI pada Windows 8 kurang cocok bagi pengguna desktop karena lebih cocok digunakan pada Tablet atau desktop yang dilengkapi touchscreen. Sedangkan Windows 7 malah sebaliknya. Namun masalah tersebut bisa diatasi jika menggunakanWindows 10. Karena tampilan user interface Windows 10 dapat diubah menjadi mode desktop dengan start menu ala windows 7 atau mode tablet dengan metro UI ala windows 8.

Fitur Utama dan Kelebihan Windows 10

6. Pengembanban Command Prompt

Melakukan copy dan paste teks di command prompt windows 10 sekarang sudah bisa dilakukan. Teks didalamnya pun sudah bisa diseleksi. Selain itu tampilan jendelanya juga dilengkapi fitur transparency, yang bisa diaktifkan/non aktifkan pada bagian properties-nya.

Fitur Utama dan Kelebihan Windows 10

0 Response to "Fitur Utama dan Kelebihan Windows 10"