Tips Menyelamatkan Ponsel Yang Terendam/Tersiram Air

Tips Menyelamatkan Ponsel Yang Terendam atau Tersiram Air

Sudahkah anda mengetahui tindakan apa yang seharusnya dilakukan ketika ponsel anda tersiram atau tercebur di air?. Hal ini perlu kita ketahui khususnya jika ponselnya tidak memiliki fitur waterproof. Dengan harapan ponsel dapat diselamatkan dari mati total, konslet, arus pendek, atau kerusakan lainnya. Sehingga kita tidak perlu membawanya ke service center yang akan memakan lebih banyak waktu dan uang.

Berikut langkah-langkah tindakan yang perlu dilakukan ketika ponsel tersiram/tercebur di air:

1. Jangan Menghidupkan Ponsel
Jangan menghidupkan ponsel untuk mengecek masih bisa nyala atau sudah mati. Karena tindakan ini harus dihindari sejak awal untuk menghindari konslet pada komponen elektroniknya.

2. Melepaskan Baterai dan Casing
Lepas casing, baterai, sim card, memory card dan apa saja yang menempel pada mesin.

3. Mengelap Ponsel dan Komponennya
Setelah komponennya terlepas, bersihkan dan keringkan menggunakan kain halus atau jika ada lebih bagus menggunakan kompressor udara atau penghisap udara. Jangan menggunakan hair dryer karena udara panas yang dihasilkan dapat merusak komponen didalam ponsel.

4. Taruh Ponsel di Dalam Beras
Siapkan beras dan baskom, kemudian kubur ponsel anda di dalam beras tersebut, lalu diamkan selama 1-2 hari. Beras berfungsi untuk menyerap butiran-butiran air yang masih tersisa.

Letakan ponsel dalam beras


5. Hidupkan Ponsel
Setelah ditaruh di dalam beras selama 1-2 hari, pasang kembali semua bagian ponsel, lalu charge dalam keadaan mati. Setelah itu coba hidupkan ponsel anda.

6. Bawa Ke Service Center
Walaupun saya sudah beberapa kali berhasil menyelamatkan ponsel yang terendam air. Tapi tips ini tidak dapat menjamin 100% ponsel anda akan menyala kembali setelah tersiram atau terendam air. Semuanya tergantung kondisi ponsel, durasi lamanya terkena air, dsb. Jika dengan cara diatas tidak berhasil, bawa ke service center merupakan solusi terakhir.

Sekian beberapa tips dari saya, terima kasih dan  semoga bermanfaat.

0 Response to "Tips Menyelamatkan Ponsel Yang Terendam/Tersiram Air"