Tips Memilih Kartu Memori / SD Card Sebelum Membeli


Bagi Anda  yang belum begitu mengenal kartu memori atau SD Card dan berniat membelinya, sebaiknya pahami lebih dulu jenis dan spesifikasinya sesuai kebutuhan, hal ini penting bagi Anda dan perangkat Anda supaya terhindar dari kesalahan dalam menentukan pilihan, dan bisa mendapatkan kartu memori yang sesuai dengan tepat dan cermat.

Tentukan Ukuran Fisik

Cek dengan seksama perangkat digital Anda apakah itu menggunakan SD Card, Mini SD, Micro SD atau yang lainnya. Saat ini ada 3 jenis bentuk yang berbeda untuk kartu memori yang beredar di pasaran antara lain :

  1. SD Card standart, kartu SD ukuran standar yang paling umum digunakan untuk kamera digital atau DSLR namun tidak digunakan untuk perangkat hp maupun tablet mengingat besarnya ukuran memori tersebut, yakni sekitar 32 x 24 x 2.1 mm, dengan berat sekitar 2 gr.
  2. Mini SD, dengan ukuran kecilnya yang hanya 21.5 x 20 x 1.4 mm memori jenis ini memang cocok untuk dipasang di ponsel atau MP3 player. Namun belakangan ini amat jarang ditemui pada hp-hp keluaran terbaru (smartphone). Bagi yang ingin memakai memori mini SD pada peranti yang memiliki slot SD, maka diperlukan sebuah adapter / converter (biasanya disertakan saat membeli miniSD / microSD).
  3. Micro SD, diciptakan oleh SanDisk Corporation dan mulai diperkenalkan pada bulan Maret 2005 dan mulai dipasarkan di tahun 2006. Ukurannya lebih kecil daripada Mini SD yakni sekitar 15 x 11 x 1 mm dengan berat 0,5 gram. Dengan ukurannya yang semakin kompak yaitu keping memori yang kecil dan tipis, tetapi kapasitasnya tetap besar, membuat memory micro sd ini semakin populer digunakan pada bermacam perangkat gadget, smartphone, tablet maupun kamera digital. Untuk ukuran yang kecil tersedia adapter / converter sehingga dapat digunakan pada peralatan yang membutuhkan SD Card stAndart (ukuran yang lebih besar).


Anda bisa menggunakan Mini SD atau Micro SD pada SD Card, caranya dengan menggunakan adaptor SD Card, biasanya jika Anda membeli mini / micro SD dijual sekaligus dengan adaptor SD Card.

Jadi jika Anda ingin membeli dari ukuran fisiknya pilihan Micro SD, jika Anda ingin menggunakannya pada perangkat lain yang membutuhkan ukuran fisik yang lebih besar, Anda bisa menggunakan Adaptor SD Card.

Sesuaikan Kapasitas Memori Dengan Kebutuhan

Pilihlah kartu memori yang mendungkung dengan perangkat Anda, jika smartphone/gadget Anda mampu menampung hingga 32GB belilah memory card 32GB atau di bawahnya, jangan lebih dari 32GB.

Kecepatan dan Jenis kelas

Memory SDHC memiliki satu stAndar yang disebut Class. Sesuai kebutuhan, standar Class diartikan kecepatan minimum untuk penulisan data / Writing. Dibawah ini nilai minimum untuk kecepatan Writing dari SHDC sesuai standar class

  1. Class 2 : 2MB/s atau kecepatan 13X
  2. Class 4 : 4MB/s atau kecepatan 26X
  3. Class 6 : 6MB/s atau kecepatan 30X
  4. Class 8 : 8MB/s atau kecepatan 40X
  5. Class 10 : 10MB/s atau kecepatan 66X


Agar dapat menjalankan fungsi fitur2 khusus (app2sd dsb) usahakan membeli microsd dengan rentang class 6 – 10.

Pilih Merk Berkualitas

Merek dan harga memang berbicara kualitas. Oleh karena itu, saat ingin membeli memory card, lebih baik anda melirik brand-brand yang memang sudah terkenal di dunia memory card seperti SanDisk, Transcend, V-Gen dan sebagainya.

Namun anda juga harus jeli dalam memilih karena saat ini banyak sekali memory card palsu yang beredar dan dilabeli dengan merek yang sudah terkenal. Jangan mudah tergiur begitu saja dengan memory card merek terkenal yang dijual dengan harga yang jauh lebih murah dari harga pasaran. Selain itu, pastikan pula kondisi memory card yang anda beli masih bersegel dan kemasannya masih utuh saat membelinya.

Garansi Resmi
Hal selanjutnya yang perlu dipertimbangkan adalah mengenai garansi yang Anda dapatkan ketika membeli kartu memori tersebut. Pastikan Micro SD yang dibeli memiliki garansi resmi. Usahakan membeli kartu memori yang bergaransi seumur hidup (lifetime warranty).

Nama-nama beken macam SanDisk, Transcend ataupun V-Gen pastinya menyediakan warranty lifetime sehingga Anda tak terlalu khawatir apabila kartu memori tersebut datanya hilang atau rusak saat digunakan. Anda sarankan sebaiknya Anda membeli kartu memori bermerk yang dijual dalam kondisi kemasan masih bersegel atau packing utuh. Teliti juga layanan purna jualnya (after sales service) merk yang akan Anda beli.

0 Response to "Tips Memilih Kartu Memori / SD Card Sebelum Membeli"