Robot Humanoid Laris Manis Terjual 1.000 Unit

Robot Humanoid Laris Manis Terjual 1.000 Unit

Robot bernama Pepper, yang dikembangkan oleh perusahaan robot SoftBank Robotics Corp, terjual sebanyak 1.000 unit di Jepang. Robot yang dibanderol seharga USD1.600 atau sekira Rp21 jutaan itu laris manis dan terjual habis hanya dalam waktu satu menit.

Softbank mengungkapkan jika fungsi emosi yang terdapat di dalam diri Pepper mencontoh model hormon yang terdapat di diri manusia. Itu juga yang membuat robot tersebut mampu menanggapi rangsangan yang diserap oleh panca indera robot tersebut.

Hal tersebut mampu menghasilkan emosi mandiri karena robot mampu mengolah informasi yang diperolehnya itu melalui kamera, sensor sentuh, accelerometer dan sensor lainnya. Itulah mengapa Pepper diklaim pembuatnya mampu dijadikan seorang teman yang akan mencintai pemiliknya seperti sahabat sesungguhnya.

Pepper dibekali kemampuan untuk merespon emosi seperti sedih, gembira, atau marah. Bahkan, Pepper dapat menghibur pengguna dengan cara memutar lagu dan menari.

Robot Humanoid Laris Manis Terjual 1.000 Unit

Pepper juga akan malu saat ada orang baru yang mendekatinya atau bahkan ketakutan saat lampu dimatikan di malam hari. Selain itu, sang robot juga disebut-sebut mampu membaca pikiran manusia yang memilikinya.

Kemampuan merespon tersebut yang menjadi daya tarik pembeli di Jepang untuk memiliki Pepper. Robot tersebut diprogram dengan perangkat lunak dan aplikasi yang memungkinkan robot bertindak sebagai pendamping rumah tangga bagi pengguna di rumah.


Robot inovatif tersebut memerlukan paket data untuk layanan data berbasis cloud serta paket asuransi dengan biaya USD200 per bulan di Jepang. SoftBank mengungkap bahwa pihaknya juga menyiapkan Pepper untuk dijual di negara-negara lainnya, selain Jepang.


0 Response to "Robot Humanoid Laris Manis Terjual 1.000 Unit"