6 Aplikasi Mobile Untuk Pengguna Transjakarta


Saat ini, Transjakarta menjadi transportasi umum  pilihan yang cukup diminati bagi masyarakat khususnya Jakarta. Nah, kali ini Transiskom akan memberikan rekomendasi 6 aplikasi mobile yang bisa kita gunakan ketika hendak berpergian menggunakan Transjakarta. Dengan aplikasi-aplikasi tersebut kita bisa mencari informasi seputar transjakarta, mulai dari rute perjalanan, panduan rute dan biayanya, lokasi halte, situasi halte, dll. Tersedia untuk Android, Windows Phone, dan Blackberry. Berikut ini 6 Aplikasi mobile untuk pengguna Transjakarta:

Transjakarta (Windows Phone)


Aplikasi “Transjakarta” ini mempunyai fitur utama untuk menampilkan rute perjalanan penggunanya mulai dari peta rute, keterangan halte di setiap koridor, hingga sebuah petunjuk arah halte awal sampai halte tujuan yang dilengkapi dengan informasi halte yang dilalui dan titik transit dengan lengkap.

Selain itu, aplikasi ini memiliki beberapa fitur lainnya yang cukup membantu seperti fitur “Halte Cam” yang memberikan kemudahan untuk melihat kepadatan halte pada setiap koridor dan fitur “News” yang akan menampilkan berita terbaru seputar Transjakarta setiap harinya.


Rute Transjakarta (Android)

Aplikasi Rute Transjakarta adalah Aplikasi yang berisi rute angkutan umum khusus Bus Transjakarta.
Rute Angkutan Umum hanya berupa halte dan koridor Bus Transjakarta.


BuSpot TransJakarta (Android & Windows Phone)

Aplikasi ini memiliki konsep dari dan untuk pengguna atau crowdsourcing dengan melibatkan kontribusi pengguna terhadap transportasi publik, khususnya TransJakarta. Pengguna BuSpot dapat dengan mudah menemukan rute bus, jarak tempuh, lokasi halte termasuk titik layanan umum seperti ATM dan mini market terdekat.

ITS Jakarta (Android & Blackberry)

ITS Jakarta menawarkan informasi dan panduan seputar TransJakarta mulai rute perjalanan, CCTV sekitar halte, panduan rute dan biayanya serta informasi lokasi halte yang disinggahi oleh unit TransJakarta. Sementara dari segi tampilan, ITS Jakarta tergolong bersih dan modern dengan navigasi yang besar sehingga memudahkan pengguna untuk mengakses menu demi menu.


Sayangnya, saat postingan ini dibuat aplikasi  ini masih dalam versi beta sehingga mungkin sekali ditemukan bugs di dalamnya. Kontribusi Anda dalam bentuk review diharapkan oleh pengembang dapat menjadi masukan yang membangun untuk masa mendatang.

Komutta (Android)

Komutta memiliki fitur yang tergolong lengkap, aplikasi ini tidak hanya menyediakan informasi tentang Transjakarta tetapi juga angkutan umum lainnya. Detailnya sbb:

  • Rute dan peta koridor TransJakarta/Busway
  • Jadwal KRL Jabodetabek/Commuter Line. Bisa digunakan untuk melihat posisi kereta 
  • Peta lokasi halte busway 
  • Informasi rute dan jurusan Angkot, Bus, Metromini, Kopaja, Patas, APTB
  • Daftar nomor telepon Taksi
  • Set rute Angutan favorit, atau jadwal kereta di stasiun favorit 
  • Pencarian rute busway dan informasi transit dari halte asal ke halte tujuan
  • Memantau CCTV yang berada di halte busway
  • Komutta KRL Kereta Busway Jadwal Kereta Taxi Bus Angkot Rute Peta




Transjakarta for BlackBerry 10




Semoga bermanfaat

2 Responses to "6 Aplikasi Mobile Untuk Pengguna Transjakarta"

  1. Canggih juga sekarang semuanya teknologi, transjakarta saja ada aplikasinya

    ReplyDelete
  2. berarti bisa diupdate ga nih bis ini datengnya berapa menit lagi gitu? hehe

    ReplyDelete