11 Kelebihan Android 4.4 KitKat


11 Kelebihan Android 4.4 KitKat

Google akhirnya meluncurkan sistem operasi terbaru Android 4.4 KitKat bersama dengan Nexus 5 dalam konferensi pers di San Fransisco, Kamis (31/10) malam. Android KitKat membawa sejumlah pembaruan dibanding seri Android 4.3 Jelly Bean.

Namun, harapan tertinggi banyak orang kepada Google adalah mereka bisa menekan fragmentasi perangkat Android di pasar saat ini dengan menghadirkan sistem operasi yang bisa dipakai baik di perangkat kelas atas maupun kelas menengah.

Keinginan itu sedikit terobati karena Google menegaskan, Android KitKat hanya membutuhkan memory 512 MB atau 16 persen lebih kecil dibanding Jelly Bean. KitKat juga lebih hemat 12,9 persen dalam penggunaan piksel.

Ini artinya, perangkat kelas menengah yang menggunakan memory 512MB-1GB sudah bisa menjalankan Android KitKat. Dengan demikian, pengalaman penggunaan Android di perangkat murah dan mahal tak akan terlalu jauh berbeda.

Selama ini, produsen perangkat Android murah lebih memilih Android 2.3.3 Gingerbread karena lebih enteng untuk hardware berspesifikasi rendah. Perangkat Android murah ini sangat laris di negara berkembang, termasuk Indonesia.

Berikut 11 fitur unggulan yang muncul di Android KitKat, seperti dilansir Itproportal, Selasa (5/11/2013).

1. Multitasking lebih cepat
KitKat bisa mengoptimasi memori dan meningkatkan kemampuan fitur layar sentuh. Google mengatakan bahwa KitKat menyediakan respons lebih cepat dan akurat ketimbang versi sebelumnya.

2. Dukung aksesibilitas lebih baik
Versi Android baru ini mendukung pengalaman aksesibilitas yang lebih baik dengan menambahkan preferensi untuk Closed Captioning. Untuk mengaktifkannya, pengguna bisa mengarahkan ke Pengaturan, Aksesibilitas, kemudian memilih Captions. Caption biasa digunakan sebagai keterangan pada foto.

3. Mudahkan akses file
Google mengatakan bahwa akses storage terbaru bisa membuat pengguna lebih mudah untuk menelusuri dan membuka dokumen, gambar dan file lainnya.

4. Memudahkan cetak dokumen
Android KitKat menyediakan kemudahan dalam mencetak dokumen melalui perangkat mobile. Google mengungkapkan, pengguna bisa mencetak file ke semua printer yang terhubung dengan Google Cloud Print serta printer HP ePrint dan printer lainnya yang memiliki aplikasi di Google Play Store.

5. Tingkatkan pengalaman membaca melalui eBook 
Google menjanjikan sebuah pengalaman pembersih eBook pada KitKat. Dengan fitur ini, maka sistem secara otomatis menyembunyikan segala macam tampilan, kecuali gambar atau teks yang ingin Anda lihat. Google menambahkan, hanya tinggal menggeser tepi layar untuk membawa kembali tampilan status bar dan tombol navigasi

6. Dukung dua sensor baru
KitKat mendukung perpaduan dua sensor baru, yakni pendeteksi langkah dan penghitung langkah pengguna. Ini bisa berfungsi untuk mengubah perangkat Android Anda menjadi alat untuk mendukung kebugaran. Kabarnya, fitur ini tersedia pada Nexus 5 dan digunakan pada aplikasi seperti Runtastic.

7. Tingkatkan tampilan 'art'
Google merapikan User Interface untuk menampilkan elemen antarmuka lebih baik pada aplikasi. Google juga menjanjikan visual menyenangkan dan 'movie art' ketika perangkat Anda berada dalam posisi terkunci.

8. Smart Caller ID
Cara kerja aplikasi ini adalah untuk mendeteksi nomor telepon yang melakukan panggilan ke ponsel pengguna. Misalnya, jika ada panggilan yang masuk ke ponsel pengguna dan bukan dari daftar kontak, Caller ID akan menemukan dari perusahaan mana nomor tersebut berasal.

9. Kontak Prioritas
Dengan Android KitKat, sistem dapat mengetahui nomor kontak mana yang paling sering Anda hubungi. Anda juga bisa mencari tempat terdekat, mencari kontak Anda atau orang dalam domain Google Apps.

10. 'OK Google'
Dengan hanya mengatakan kata kunci "Ok Google" atau "Ok Google now", pengguna bisa mengoperasikan ponsel hanya dengan memerintah lewat suara tanpa menyentuhnya. Dengan fitur ini pengguna bisa melakukan panggilan telepon, petunjuk arah di Google Maps, pencarian di mesin pencari Google, dan berbagai aplikasi lain.

11. Pemusatan pesan SMS dan MMS
Aplikasi Hangouts baru di KitKat akan menyentralisasikan semua pesan SMS dan MMS di samping percakapan dan video calls. Dengan versi Android terbaru ini, pengguna juga bisa berbagi informasi mengenai lokasi pengguna dan mengirimkan gambar animasi berformat GIF.

Sumber: Chip.co.id & techno.okezone.com

12 Responses to "11 Kelebihan Android 4.4 KitKat"

  1. gimana cara update jb ke kitkat.

    ReplyDelete
  2. Yg diungkapkan diatas itu sudah ada di jelly beans. Rasanya juga seperti itu. Menurut ku gak banyak perubahan. Secara sebelum upgrade ke kit kat sudah merasakan jelly beans tapi bila masih ice cream sandwich ke kit kat memang terasa bgt bedanya.

    ReplyDelete
  3. Gimana cara upgrade samsung galaxy tab 2 p-3100 dari jellybean 4.1.2 ke kitkat

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Ahh ente paling hide app video

      Delete
  5. Makasih Infonya, baru taunih.....

    ReplyDelete
  6. yang OK Google sih kayaknya baru ya. Di Jelly Bean belum pernah nyobain juga soalnya

    ReplyDelete
  7. ada emoticon gratis di keyboard aosp kitkat, 🙏🙎🙇🙆🙅🙍🙌🙋😫😓😏😪😔😖😌😭😎😚😘😙😗☺😊😀😁😂😃😄😅😆😇😈😉😯😐😑😕😠😬😡😢😴😮😣😤😥😦😧😨😩😰😟😱😲😳😵😶😷😞😒😍😛😜😝😋😗😙😘😚😎😭😌😖😔😪😏😓😫🙋🙌🙍🙍🙅🙆🙇🙎🙏. itu emoticonnya, thanks infonya

    ReplyDelete
  8. canggih tuh yang ok googlenya

    ReplyDelete
  9. Kabar gembira untuk kamu yang memiliki produk sandwich sebagai menu Andalan. Kini hadir Dus Makanan yang menyediakan tipe terbarunya 1C-1111 yang didesain khusus untuk makanan apapun baik berminyak ataupun berkuah tidak masalah. Sangat Praktis digunakan.

    ReplyDelete