5 Robot Terkenal dan Tercanggih di Dunia

02/06/130 komentar

Robot merupakan alat yang dibuat dengan tujuan membantu dan memudahkan manusia melakukan pekerjaan. Kemampuan robot-robot saat ini bermacam-macam, misalnya bisa berbicara dengan manusia, mengekspresikan emosi (marah, sedih, terkejut, dsb), bersepeda, bermain biola, dan masih banyak lagi. Berikut ini saya perkenalkan 5 robot terkenal dan tercanggih didunia :

1. ASIMO, Robot Humanoid buatan Honda


ASIMO (アシモ ashimo) adalah robot humanoid yang dibuat oleh Honda. Dengan tinggi 130 sentimeter dan berat 54 kilogram, penampilan robot ini menyerupai seorang astronot dengan baju astronotnya yang membawa ransel. ASIMO dapat berjalan dengan dua kaki dengan gaya berjalan yang menyerupai manusia hingga kecepatan 6 km/jam. ASIMO diciptakan pada Pusat Penelitian dan Pengembangan Honda Pusat Penelitian Teknik Fundamental Wako di Jepang. Model yang sekarang merupakan versi sebelas, semenjak dimulainya proyek ASIMO pada 1986.

2. Robonaut,  Robot astronot NASA

Robonaut di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS)


Robonaut adalah robot humanoid yang dikembangkan oleh NASA. Robonaut ini didesain untuk membantu astronot melakukan pekerjaannya di luar angkasa.  Versi terbarunya adalah R2 yang pada bulan februari 2011 lalu dikirim ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

3. Murata Seiko-chan dan Murata Seisaku-kun

Murata Seiko-chan (kiri) dan Murata Seisaku-kun (kanan)
Murata Seiko-chan (Robot sepeda 1 roda) dan Murata Seisaku-kun diciptakan oleh produsen alat elektronik dari jepang Murata Manufacturing Co., Ltd., merupakan robot yang memiliki kemampuan menyeimbangkan dirinya sendiri . Tidak hanya menyeimbangkan dirinya saat mundur dan maju, tapi juga mendeteksi halangan dengan sensor-sensornya dan bergerak mendahului atau memutarinya. Robot dengan tinggi 50 cm dan berat 5 kg ini dilengkapi dengan bluetooth dan kamera yang mengirim sinyal video live.

4. Home Assistant Robot (AR), Robot Pembantu Rumah Tangga


Robot ini didesain untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan rumah seperti mencuci, ngepel, dll. Sekarang robot ini sedang dikembangkan dan butuh waktu 20 tahun pengembangannya supaya siap diproduksi secara massal.


5. T-52 ENRYU, Robot Penyelamat Korban Bencana


Sebuah robot bertinggi 3,3 meter yang diciptakan Jepang untuk keperluan penyelamatan. ENRYU yang berarti naga diciptakan pertama kali pada tahun 2004 untuk mendampingi proses evakuasi korban gempa dan bencana yang terjadi di Jepang. Robot ini memiliki lengan yang mampu mengangkat 500 kg benda. Pada tahun 2007, diciptakan versi yang lebih baru dari robot ini, disebut T-53, untuk misi penyelamatan korban gempa di Nigata, Jepang.
Share this article :

Poskan Komentar

 
Copyright © 2010-2014. TRANSISKOM.COM - All Rights Reserved
Template by Creating Website Powered by Blogger
Developed by Agus Setiawan