Mengenal Cloud Computing/Komputasi Awan

Sumber: Wikipedia

Saat ini kata Cloud Computing sedang nge-tren dan sering terdengar didunia IT. Cloud Computing atau Komputasi awan adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer (Komputasi) dan pengembangan berbasis internet (Cloud). Kenapa disebut Awan/Cloud? karena gambar awan biasanya digunakan untuk melambangkan internet pada suatu diagram jaringan komputer.

Dengan Cloud Computing, data-data, layanan, dan aplikasi yang kita gunakan tidak tersimpan di komputer melainkan di internet. Sebagai contoh beberapa layanan dari google adalah google mail (aplikasi email web base), google drive (tempat penyimpanan online), google doc/spreadsheet (Aplikasi office online), YouTube (tempat sharing video online), dll.

Ada beberapa jenis layanan Cloud Computing untuk publik. Di antaranya adalah:
  1. Infrastructure as a service (IaaS). Contoh IaaS adalah Amazon CloudFormation, Amazon EC2, Windows Azure Virtual Machines, Google Compute Engine, HP Cloud, Rackspace Cloud, dan Terremark.
  2. Platform as a service (PaaS). Contoh layanan adalah Amazon Elastic Beanstalk, Cloud Foundry, Google App Engine, Windows Azure Compute, dan OrangeScape.
  3. Software as a service (SaaS). Yang paling populer dari kategori layanan ini adalah Google Apps dan Microsoft Office 365.
  4. Network as a Service (NaaS). Layanan NaaS secara tradisional  termasuk VPN dan bandwidth on demand. Perwujudan konsep NaaS juga mencakup penyediaan layanan jaringan virtual oleh pemilik infrastruktur jaringan kepada pihak ketiga.
Pengguna dapat mengakses layanan Cloud Computing menggunakan berbagai perangkat klien jaringan yang saat ini tersedia luas, seperti komputer desktop (PC), laptop, tablet, dan smartphone. Banyak aplikasi awan tidak memerlukan lagi software tertentu terinstall pada komputer klien, dan sebagai gantinya menggunakan browser web untuk berinteraksi dengan aplikasi awan.

Manfaat atau kelebihan dari Cloud Computing diantaranya adalah penghematan biaya karena tidak diperlukannya biaya operasional, pemeliharaan, dan pembelian perangkat keras. Manfaat lainnya adalah skalabilitas, fleksibilitas, performance, efisiensi, integritas, pengembangan yang cepat, distribusi dan manajemen perubahan yang lebih baik serta kinerja dan mobilitas yang lebih tinggi. Peningkatan otomatisasi, dukungan dan manajemen keamanan.

Cloud Computing juga memiliki kekurangan yaitu kompitasi awan tidak akan bisa dipakai sama sekali jika tidak adanya internet atau internet sedang bermasalah. Selain itu juga tergantung dari kondisi penyedia layanan Cloud Computing. Kita harus lebih teliti dalam memilih jasa Cloud Computing. Jika server atau layanan backup penyedia layanan yang buruk, maka pastinya akan mengalami kerugian.

Referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi_awan
http://www.chip.co.id/news/general/2833/mengenal_cloud_computing_di_chip_meet_up_v.9
http://dikaiznamz.blogspot.com/2013/04/mengenal-komputasi-awan.html

0 Response to "Mengenal Cloud Computing/Komputasi Awan"