Pengertian dan Macam-Macam Malware


Malware merupakan singkatan dari Malicious Software, adalah software yang digunakan atau diprogram untuk menyerang atau merusak sistem komputer, mengumpulkan informasi sensitif seperti password, atau mendapatkan akses ke sistem komputer pribadi tanpa izin dari pemiliknya. Malware dapat berbentuk kode/skrip, konten aktif, atau software lain. Malware adalah istilah umum yang dipakai oleh pakar komputer untuk mengartikan berbagai macam software atau kode software yang bersifat perusak atau penggangu.

Macam-macam malware mencakup virus komputer, worm (cacing komputer), Trojan Horse, rootkit, spyware (pengintai), adware, keylogger, dan software lainnya yang sifatnya merugikan dan tidak diinginkan.

  1. Virus Komputer,  merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali.
  2. Worm (cacing komputer), bekerja dengan menggandakan dirinya secara sendiri secara terus menerus dalam sistem komputer.  Sebuah worm dapat menggandakan dirinya dengan memanfaatkan jaringan (LAN/WAN/Internet) tanpa perlu campur tangan dari user itu sendiri, sehingga Worm membuat space hard disk menjadi penuh dan juga membuat performa komputer lebih lambat akan worm itu. Beberapa worm juga menghabiskan bandwidth yang tersedia.
  3. Trojan Horse, digunakan untuk memperoleh informasi dari target (password, kebiasaan user yang tercatat dalam system log, data, dan lain-lain), dan mengendalikan target (memperoleh hak akses pada target).
  4. Rootkit, Virus yang bekerja menyerupai kerja sistem komputer yang biasa saja.
  5. Adware (software iklan), menginstal dirinya sendiri tanpa sepengetahuan pengguna dan menampilkan iklan-iklan ketika pengguna berselancar di Internet.
  6. Spyware, merupakan turunan dari adware (perangkat lunak beriklan), yang memantau kebiasaan pengguna dalam melakukan penjelajahan Internet untuk mendatangkan "segudang iklan" kepada pengguna. Tetapi, karena perangkat lunak beriklan kurang begitu berbahaya (tidak melakukan pencurian data), spyware melakukannya dan mengirimkan hasil yang ia kumpulkan kepada pembuatnya (perangkat lunak beriklan umumnya hanya mengirimkan data kepada perusahaan marketing).
  7. Keylogger, digunakan untuk merekam ketikan pada keyboard. hasil rekaman ketikan biasanya akan disimpan ke log file. Beberapa perekam ketikan tertentu bahkan dapat mengirimkan hasil rekamannya ke surel tertentu secara berkala. Keylogger dapat digunakan untuk kepentingan yang baik atau bahkan bisa digunakan untuk kepentingan yang jahat. Kepentingan yang baik antara lain untuk memantau produktivitas karyawan, untuk penegakan hukum dan pencarian bukti kejahatan. Kepentingan yang buruk antara lain pencurian data dan password.


1 Response to "Pengertian dan Macam-Macam Malware"

  1. keren gan informasinya sangat membantu sekali,
    ini gan kalau mau servis laptop,jual beli laptop dan cari sparepart laptop ada servis laptop jogja menangani berbagai macam kerusakan laptop dan bergaransi,jangan lupa kunjungi gan

    ReplyDelete