Aplikasi Android Bisa Membajak Pesawat

Ilustrasi


Seorang konsultan keamanan bernama Hugo Teso mengklaim telah membuat aplikasi Android yang bisa digunakan untuk membajak pesawat. Aplikasi yang disebut PlanetSploit itu memiliki kemampuan untuk masuk ke sistem komputer pesawat dan mengambil alih pengoperasian pesawat dari tangan pilot.

Teso, seorang pilot terlatih selama 12 tahun, menunjuk Automated Dependent Surveillance-Broadcast (ADS-B, berfungsi melacak lokasi pesawat saat terbang di udara), sangat mudah ditembus karena tidak terenkripsi dan tidak membutuhkan proses autentifikasi.

Selain itu, Aircraft Communications Addressing and Reporting System (ACARS)—fasilitas pengiriman teks antar pesawat dan petugas di darat—juga tidak memiliki perlindungan keamanan. Melalui dua celah keamanan inilah PlanetSploit bekerja.

Teso bahkan berhasil menunjukkan buktinya pada sebuah pesawat virtual di labnya. Ia berhasil masuk ke sistem komputer pesawat dan mengambil alih kemudi saat pesawat dalam mode auto-pilot. Ia juga bisa menakut-nakuti penumpang dengan mengeluarkan masker oksigen tanpa peringatan.

Pilot sebenarnya masih bisa mengambil alih jika mengubah mode kendali pesawat ke manual. Masalahnya, beberapa pesawat mode terbaru sudah tidak menyediakan kendali manual. Teso juga menyatakan, lubang keamanan ini bisa diatasi dengan memperbarui sistem komputer pesawat. Namun untuk beberapa sistem, pembaruan menjadi sangat sulit—bahkan mustahil—dilakukan.

Untungnya, Teso menunjukkan masalah besar ini pada sebuah konferensi keamanan di Amsterdam. Jika ia menjualnya ke pihak-pihak yang bermaksud jahat, entah apa yang akan terjadi.

Sumber :
http://www.infokomputer.com/berita/1-latest-news/6142-aplikasi-android-bisa-membajak-pesawat

1 Response to "Aplikasi Android Bisa Membajak Pesawat"

  1. ebuseet bahaya amat appsnya! jadi takut kan naik pesawat :(

    ReplyDelete