Mengenal Bos Yahoo!, Marissa Mayer


Marissa Ann Mayer lahir di Wausau, Wisconsin Amerika Serikat pada 30 Mei 1975 adalah seorang Chief Executive Officer (CEO) Yahoo! sejak tahun 2012 . Sebelum bergabung dengan Yahoo! dia telah menghabiskan 13 tahun bekerja di Google, dimana dia telah banyak berkontribusi dalam pengembangannya. Berbagai penghargaan bergengsi telah diraihnya. Marissa beberapa kali masuk daftar 50 Most Powerful Women in Business versi majalah Fortune, bahkan menjadi wanita termuda yang masuk dalam daftar tersebut.


Wanita lulusan Stanford University ini bergabung dengan Google pada tahun 1999 sebagai pegawai ke 20 dan menjadi engineer wanita pertama di Google  Selama di Google  dia pernah menjadi engineer, designer, product manager, dan excecutive. Marissa memegang peran kunci keberhasilan layanan google diantaranya Google Search, Google Images, Google News, Google Maps, Google Books, Google Product Search, Google Toolbar, iGoogle dan Gmail. Dia juga yang memiliki ide untuk membuat tata letak/tampilan utama Google yang sederhana tanpa hiasan. Dalam beberapa tahun terakhirnya di Google  dia sebagai Vice President of Local, Maps, and Location Service. Dan sebelum itu, dia sebagai Vice President of Search Products and User Experience.

Petinggi google yang satu ini di tawari untuk menjadi CEO Yahoo! yang baru dan menggantikan CEO yang lama. Agar Marissa mau meninggalkan Google dan pindah ke Yahoo!  selain gaji itu gaji yang ditawarkan sangat spektakuler. Dia akan mempunyai pendapatan total sebesar US$70 juta (sekitar Rp660,8 miliar) dalam bentuk gaji, saham, dan stock option selama lima tahun.

Jumlah itu terungkap dari laporan perusahaan kepada Securities and Exchange Commision (semacam lembaga pengawas pasar modal di AS). CBN News menulis, paket bayaran untuk Marissa ini memecahkan rekor gaji sebesar US$1 juta (Rp9,4 miliar) per tahun dan US$42 juta (Rp396,4 miliar) dalam bentuk stok option serta tunjangan lainnya, termasuk US$14 juta (Rp132,1 miliar)uang kompensasi karena keluar dari Google Inc.

Sebagai salah seorang pioner dan perempuan insinyur pertama di GoogleMarissa bernilai sekitar US$300 juta (Rp2,8 triliun). Marissa adalah karyawan bernomor 20 di Google. Keputusan Yahoo! merekrut Marissa ini mengejutkan kalanga analis, investor, dan bahkan karyawan Yahoo! dan Google.

Kini Marissa memutuskan pindah kapal dengan menyeberang ke Yahoo!  Kepindahannya cukup mengagetkan, terlebih performa bisnis Yahoo! kurang bagus. Mungkin, Marissa tertantang untuk memulihkan Yahoo!  "Banyak orang tidak percaya bahwa Yahoo! bisa mendapatkan seseorang sekaliber Marissa Mayer untuk menjadi CEO mereka," kata Scott Kessler, analis di Standard & Poor seperti dikutip detikINET dari Reuters.

Dikutip dari : Wikipedia.org, Ekonomi.inilah.com, Tulisartikel.com, dan http://inet.detik.com

0 Response to "Mengenal Bos Yahoo!, Marissa Mayer"