Mengenal Home Automation

Contoh Home Automation System milik HAI Leviton
Home Automation atau biasa juga disebut Smarthome adalah suatu rumah yang dilengkapi dengan sistem  untuk mengintegrasikan dan mengontrol alat-alat elektronik yg ada dirumah, misalnya Lampu, TV, Home Theater, CCTV, Alarm, Kipas angin, Door Lock, Motion Sensor, dan masih banyak lagi. Tujuan dari sistem Home Automation mencakup kemudahan, efisiensi energi, keamanan, dan kenyamanan. Saat ini popularitas tentang konsep Home Automation sedang berkembang pesat, dan didukung dengan banyaknya perusahaan yang bergerak dibidang ini seperti control4, Crestron, AMX, knx, dynalite, dll.


Beberapa contoh hal yang bisa dilakukan dengan Home Automation :
  1. Lampu, AC, Kipas Angin, TV, Radio, Speaker, bisa dinyalakan melalui satu remote control, komputer, Tablet PC, Smartphone, bahkan saat anda tidak berada dirumah (via Internet).
  2. Bisa membuka/menutup tirai, mengunci pintu, menyalakan AC/Lampu,  secara otomatis. 
  3. Bisa memutar film melalui iPad anda lalu secara otomatis TV menyala langsung memutar film.
  4. Jika rumah dilengkapi sensor & detector, ketika terjadi kebakaran, kebocoran gas, banjir, atau hal lain secara otomatis alarm berbunyi dan sistem akan memberitahu anda melalu sms/email (Hal ini sangat penting apalagi jika anda tidak sedang dirumah).
  5. Membuat skenario dan timer sesuai keinginan anda, misalkan pukul 6 sore lampu depan dan ruang keluarga menyala kemudian paginya mati secara otomatis. 
  6. Memantau dan mengontrol seisi rumah anda melalui smartphone anda, misal anda lupa apakah sudah mengunci pintu atau apakah sudah mematikan lampu/AC.
  7. Dan masih banyak lagi.
Berikut ini saya sertakan video Control4 Home Automation System :

 


Elemen Pada Home Automation System :

Elemen pada Home Automation meliputi sensor (seperti temperatur, cahaya, atau gerak), controller (berfungsi ibarat server pada suatu jaringan komputer sebagai pusat sistem yang mengendalikan perangkat lain), dan aktuator seperti saklar lampu, motor listrik, dll. 
Satu atau lebih perangkat antarmuka/interfaces dibutuhkan, karena melalui interfaces ini pemilik rumah bisa berinteraksi dan mengendalikan sistem. Interfaces ini bisa berupa touchscreen, TV, Remote Control, PC/Laptop, Smartphone, Tablet PC, atau gadget lainnya. Beberapa perangkat tersebut bisa terhubung dengan atau tanpa kabel.

Kebetulan saya bekerja di perusahaan yang berpengalaman dibidang ini. Jadi jika anda ingin memasang sistem Home Automation ini dirumah, anda bisa hubungi saya melalui :
HP: 0812 8504 7978 email : agust@transiskom.com

0 Response to "Mengenal Home Automation"