5 Tokoh Perempuan di Bidang Teknologi dari Zaman ke Zaman


Di dunia yang menyandang kesetaraan gender, seorang wanita memiliki posisi yang sama dengan laki-laki. Pun demikian di bidang teknologi. Di bidang yang satu ini, saat ini banyak nama-nama perempuan yang memiliki peran penting. Dari Sheryl Sandberg yang bekerja sebagai COO Facebook ataupun CEO Yahoo Marissa Mayer. Namun, jauh sebelum kedua perempuan tersebut muncul, banyak nama-nama lain yang juga turut berperan penting dalam mengembangkan teknologi.

Ada Lovelace (1815-1852)


Wanita yang satu ini kerap disebut sebagai ‘programmer komputer pertama’. Lovelace yang lahir pada tahun 1815 ini membuat sebuah model analisis untuk mesin Babbage di tahun 1842. Dengan temuannya tersebut, Lovelace mampu menjelaskan hal yang kompleks dengan lebih baik, mirip sebuah bahasa kode.

Emmy Noether (1882-1935)


Ahlim matematika asal jerman ini berkontribusi pada Aljabar abstrak dan Fisika teori. Kejeniusan Noether ini pun juga diakui oleh seorang Albert Einstein. Bahkan penemu teori relativitas tersebut menyebut Noether sebagai wanita paling penting dalam sejarah ilmu matematika.

Grace Hopper (1906-1992)


Hopper adalah wanita yang mengembangkan komputer compiler di laboratorium komputasi di Harvard. Tak hanya itu, wanita ini pulalah yang membuat konsep bahasa pemrograman COBOL. Hopper juga menjadi orang yang mempopulerkan kata ‘debugging’ untuk memperbaiki gangguan pada program komputer. Prestasi Hopper pun tak berhenti di situ, Hopper menjadi wanita pertama yang menjabat Admiral di angkatan laut Amerika Serikat.

Joanne Simpson (1923-2010)



Wanita yang satu ini merupakan perempuan pertama yang memperoleh gelar Ph.D dalam bidang meteorologi. Joanne pun menjadi wanita yang memimpin peneliti cuaca di Nasa selama 30 tahun.

Marissa Mayer (1975-sekarang)


Saat ini, hampir semua orang mengenal nama wanita ini. Duduk di pucuk pimpinan perusahaan sebesar Yahoo, Mayer merupakan salah satu CEO termuda dalam daftar yang dirilis oleh Fortune. Saat ini, usia Mayer adalah 37 tahun. Sebelumnya, Mayer merupakan pekerja ke-20 dari Google dan merupakan engineer wanita pertama di Google.

Sumber : http://www.beritateknologi.com/lima-tokoh-perempuan-di-bidang-teknologi-dari-zaman-ke-zaman/

0 Response to "5 Tokoh Perempuan di Bidang Teknologi dari Zaman ke Zaman"