Pengertian dan Jenis Server

15/09/128komentar

Server sesuai dengan namanya bisa diartikan sebagai pelayan pada suatu jaringan komputer. Server adalah komputer yang berfungsi untuk melayani, membatasi, dan mengontrol akses terhadap client-client dan sumber daya pada suatu jaringan komputer. Server didukung spesifikasi/kemampuan hardware yang besar (berbeda dengan komputer biasa), server juga menggunakan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan

Umumnya, di dalam sistem operasi server terdapat berbagai macam layanan yang menggunakan arsitektur client/server. Contoh dari layanan server adalah DHCP, Mail ServerHTTP ServerFTP ServerDNS server, dan lain sebagainya. Setiap sistem operasi server umumnya membundel layanan-layanan tersebut, meskipun pihak ketiga dapat pula membuat layanan tersendiri. Setiap layanan tersebut akan merespon request dari client. Sebagai contoh, DHCP client akan memberikan request kepada server yang menjalankan layanan DHCP Server ; ketika sebuah client membutuhkan alamat IP, klien akan memberikan request kepada server, dengan bahasa yang dipahami oleh DHCP Server, yaitu protokol DHCP itu sendiri.
Contoh sistem operasi server dari windows adalah  Windows NT 3.51, Windows NT 4.0Windows 2000 Server dan Windows Server 2003, kemudian Sun SolarisUnix. Sementara sistem operasi berbasis GNU/Linux contohnya Ubuntu Server, Debian Server, Redhat, CentOS, dll 
Server biasanya terhubung dengan client dengan kabel UTP dan sebuah kartu jaringan. Kartu jaringan ini biasanya berupa kartu PCI atau ISA.
Dilihat dari fungsinya, server bisa di kategorikan dalam beberapa jenis, seperti: server aplikasi, server data maupun server proxy. Server aplikasi adalah server yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam aplikasi yang dapat diakses oleh client, server data sendiri digunakan untuk menyimpan data baik yang digunakan client secara langsung maupun data yang diproses oleh server aplikasi. Server proxy berfungsi untuk mengatur lalu lintas di jaringan melalui pengaturan proxy. Orang awam lebih mengenal proxy server untuk mengkoneksikan komputer klien ke Internet.
Kegunaan server sangat banyak, misalnya untuk situs internet, ilmu pengetahuan, atau sekedar penyimpanan data.

Jenis-Jenis Server :
  1. Server Platform: Server platform adalah hardware atau software dasar untuk sistem yang bertindak sebagai mesin yang menggerakkan server
  2. Server Applikasi: Juga dikenal sebagai jenis middleware, berfungsi sebagai pengolah perintah dari client dan database.
  3. Server Audio / Video : Menyediakan kemampuan multimedia ke situs web dengan membantu pengguna untuk menyiarkan streaming konten multimedia.
  4. Chat Server : Untuk menangani chatting beberapa user.
  5. Fax Server : Fax server memungkinkan user untuk mengirim dan menerima fax melalui jaringan komputer
  6. FTP Server : File Transfer Protocol Server untuk transfer data, dari atau ke client
  7. Groupware Server : Ini adalah software yang dirancang yang memungkinkan pengguna untuk bekerja sama, terlepas dari lokasi, melalui Internet atau intranet perusahaan dan berfungsi bersama-sama dalam suasana virtual.
  8. IRC Server : Internet Relay Chat server memungkinkan user untuk berdiskusi lewat jaringan
  9. List Server : Menyediakan cara yang lebih baik mengelola milis. Server dapat berupa diskusi interaktif terbuka untuk orang-orang atau daftar satu arah yang memberikan pengumuman, buletin atau iklan.
  10. Mail Server : Server yang bertugas untuk menangani e-mail
  11. News Server: Ini berfungsi sebagai sumber distribusi dan pengiriman untuk banyak kelompok berita umum, didekati melalui jaringan berita USENET.
  12. Proxy Server : Proxy Server bertindak sebagai mediator antara client dan server diluar jaringan untuk menyaring/membatasi permintaan, meningkatkan kinerja koneksi dan sharing.
  13. Telnet Server : Untuk log on ke komputer host dengan cara remote dari komputer lain.
  14. Virtual Server : Virtual server adalah metode untuk mengurangi jumlah server fisik, jadi pada satu server fisik seolah-olah ada beberapa server.
  15. Web Server : Menyediakan konten ke web browser,  Web Server berkomunikasi menggunakan HTTP (Hypertext Transfer Protocol).

Share this article :

+ komentar + 8 komentar

26 September 2012 08.52

Besar sekali angka visitor mas. Tapi saya ingin tanya. Apakah semua posting mas ini original asli tulisan tangan mas sendiri? Terima kasih.

26 September 2012 15.48

Enggak 100% sih, karena saya menggunakan buku2, majalah, dan situs lain terutama wikipedia sebagai referensi, kecuali untuk kategori info komputer 100% copy paste tapi saya tetap cantumkan sumbernya.

3 Januari 2013 12.27

nice post...

26 Februari 2013 12.33

Terima Kasih Atas infonya ..
artikel yang sangat bagus ..

28 Juni 2013 22.46

hehe nice info gan :D

7 November 2013 00.57

Terimakasih atas penjelasan tentang server, sangat membantu dan dapat menambah ilmu saya..

21 Maret 2014 17.45

thanks udah di share ilmunya,,sangat membantu saya n salam kenal..

10 September 2014 10.52

buatlah sebuah spesifikasi sistem yang cocok untuk server yang melayani web server social media dengan konten berbagi foto, dengan aktifitas pengguna 400,000/jam.

Poskan Komentar

 
Copyright © 2010-2014. TRANSISKOM.COM - All Rights Reserved
Template by Creating Website Powered by Blogger
Developed by Agus Setiawan