Kendalikan Komputer Hanya Dengan Gerakan Tangan


Pernah melihat film Minority Report? Dalam salah satu adegan, Tom Cruise menggerakkan tangannya di depan monitor dan obyek di dalam monitor tersebut bergerak mengikuti gerakan tangan. Saat film itu beredar beberapa tahun lalu, hal itu memang sekadar impian. Namun kini, sebuah perusahaan bernama Leap Motion telah mengembangkan teknologi yang bisa melakukan hal yang sama.


Yang keren, teknologi Leap tidak membutuhkan layar khusus. Yang dibutuhkan cuma sebuah perangkat seukuran iPod yang terhubung melalui koneksi USB ke PC atau notebook Anda.

Ketika Leap sudah terpasang, Anda bisa melakukan gerakan seperti menggulung halaman web, menggerakkan Google Maps, atau menggambar obyek layaknya menggunakan tablet layar sentuh. Bedanya, semua bisa dilakukan tanpa menyentuh layar notebook Anda!

Yang membuatnya semakin dahsyat, Leap bisa bekerja di sebarang software. Dalam demo yang dilakukan David Holz (CTO Leap Motion), ditunjukkan bagaimana kita memainkan game Fruit Ninja hanya dengan menggerakkan jari kita. Namun Leap Motion juga akan mengeluarkan SDK untuk perangkat ini, sehingga developer pihak ketiga bisa membuat software yang memanfaatkan teknologi Leap lebih jauh.

Prinsip kerja dari Leap sendiri adalah adanya kamera di dalam perangkat Leap yang menangkap setiap gerakan tangan kita di dalam area kerja (workspace). Saat ini, area kerja tersebut terbatas di ukuran 90 cm persegi di depan layar, namun Holz mengatakan hanya perlu membesarkan sensor untuk membuat Leap bisa menangkap area yang lebih luas.

Leap juga dirancang dengan kepresisian tinggi (yaitu 0,01mm) dan kemampuan menangkap gerakan 10 jari. Leap bahkan bisa membedakan apakah kita menggunakan jari atau menggunakan pensil saat menggambar.

Belum ada tanggal resmi kapan Leap akan dirilis, namun Holz mengatakan sekitar Oktober sampai Februari tahun depan dengan harga US$70.

Jika ingin melihat kehebatan teknologi Leap, di bawah ini kami sajikan video demonstrasi Leap yang kami ambil dari situs The Verge. Setelah melihat video tersebut, Anda pasti setuju dengan kami: Leap adalah teknologi revolusioner.



Semoga Bermanfaat dan Salam Transiskom

0 Response to "Kendalikan Komputer Hanya Dengan Gerakan Tangan"