David Packard (Pendiri Hewlett-Packard)

David Packard (lahir 7 September 1912 – meninggal 26 Maret 1996 pada umur 83 tahun) adalah salah satu pendiri Hewlett-Packard. Ia lahir di Pueblo, Coloradi, menerima gelar sarjana muda dari Unversitas Stanford di tahun 1934. Setelah itu ia bekerja di General Electric di Schenectady, New York. Di tahun 1934, ia kembali dari New York ke Stanford, dimana ia memperoleh gelar master dalam bidang tehnik elektro pada tahun berikutnya. Di tahun yang sama ia menikahi Lucile Salter, yang kemudian memberinya 4 orang anak, David, Nancy, Susan, dan Julie. Lucile Salter meninggal dunia pada 1987.



Hewlett-Packard

Di tahun 1939, ia dan William Hewlett mendirikan Hewlett Packard di garasinya dengan modal awal sebesar 538 dollar AS. Perusahaan itu, di mana kemudian terbukti bahwa Packard adalah pengelola yang piawai dan Hewlett yang memunculkan berbagai inovasi teknologi, berkembang menjadi produsen alat uji elektro dan alat pengukur terbesar di dunia. Perusahaan itu kemudian juga menjadi produsen utama kalkulator, komputer, dan mesin cetak laser dan tinta. Packard menceritakan dalam bukunya the HP way bahwa nama Hewlett Packard ditentukan lewat lemparan koin menjadi HP bukan PH.

David Packard dan Bill Hewlett


Packard menjabat sebagai Presiden Hewlett-Packard dari tahun 1947 hingga 1964, CEO dan Ketua Dewan Direksi dari 1964 sampai 1968, dan Ketua Dewan Direksi dari 1972 hingga 1993. Pada saat ia meninggal di tahun 1996, kepemilikan Packard di perusahaan tersebut mencapai lebih dari 1 milyar dollar AS.


Karier Politik

Sewaktu mulai menjabat di tahun 1969, Presiden Richard Nixon menunjuk Packard sebagai Deputi Menteri Pertahanan AS di bawah Menteri Pertahanan Melvin Laird. Packard menjabat hingga tahun 1971, ketika kemudian ia mengundurkan diri dan pada tahun berikutnya kembali menjabat sebagai ketua dewan direksi HP. Di tahun 70an dan 80an Packard adalah penasihat utama Gedung Putih dalam pengadaan dan pengelolaan pertahanan.

Kedermawanan

Dari awal 80an hingga meninggalnya pada tahun 1996, Packard mendedikasikan sebagian besar waktu dan uangnya pada proyek-proyek filantropi. Dimulai dari anak mereka Nancy dan Julie, di tahun 1978 David dan Lucile Packard menciptakan Yayasan Monterey Bay Aquarium. Pasangan itu menyumbangkan 55 juta Dollar AS untuk membangun akuarium yang baru, yang dibuka pada 1984 dengan eksekutif direkturnya Julie Packard. Di tahun 1987, Packard menyumbangkan 13 juta dollar untuk mendirikan institut penelitian Monterrey Bay Aquarium, dan Sejas saat itu Yayasan Packard menyediakan 90% anggaran operacional institut tersebut. Atas kedermawanannya, ia dianugerahi penghargaan United States Military Academy's Sylvanus Thayer Award di tahun 1982 Pada tahun 1964, pasangan tersebut mendirikan Yayasan David dan Lucile Packard. Di tahun 1986 mereka menyumbangkan 40 juta Dollar AS untuk membangun rumah sakit anak yang kemudian dikenal sebagai Lucile Salter Packard Children's Hospital di Universitas Stanford. RS itu dibuka pada 1991.

Pada saat meninggal, ia memberikan kira-kira 4 milyar dollar AS pada Yayasan Packard termasuk di dalamnya property berharga di Los Altos Hill. Ketiga putri Packard duduk dalam dewan wali amanah yayasan tersebut.

Penghargaan

Pada 6 Desember 2006, Gubernur California Arnold Schwarzenegger memasukkan nama keluarga Packard dalam museum The California Museum for History, Women, and the Arts. Sebagai tokoh ternama California. Museum ini didirikan istri Gubernur Maria Shriver untuk menghormati warga California yang berani memimpikan, dan menjadi panutan dalam menginspirasi generasi baru untuk memikirkan, menciptakan, mempengaruhi, dan menciptakan.” Nama David Packard juga memiliki tanker minyak atas namanya, yang dibangun di tahun 1977, yang dioperasikan untuk Chevron, memiliki kapasitas berat mati 406.592 ton, dan didaftarkan di bawah bendera Bahama.


 
Semoga Bermanfaat dan Salam Transiskom
Referensi : http://id.wikipedia.org/wiki/David_packard

0 Response to "David Packard (Pendiri Hewlett-Packard)"