Cara Membuat Screenshot dengan Paint


Screenshot atau cuplikan layar adalah suatu gambar yang diambil oleh komputer untuk merekam tampilan yang tampak di layar atau perangkat output visual lainnya. Screenshot adalah gambar digital yang ditangkap melalui software atau sistem operasi. Screenshot biasanya digunakan untuk mempermudah penjelasan suatu tutorial software. Dalam sistem operasi windows, umumnya screenshot dibuat dengan aplikasi Ms. Paint. Berikut ini beberapa langkah pembuatan screenshot menggunakan Ms. Paint. Pada contoh berikut ini, saya menggunakan sistem operasi windows 7.
Jika anda menggunakan windows versi lain tidak masalah, karena hanya tampilan dan layout-nya saja yang berbeda. Sementara perintah-perintahnya masih tetap sama. Selain menggunakan paint, kita juga dapat menggunakan aplikasi Snipping Tool untuk membuat screenshot. Namun aplikasi ini hanya terdapat di Windows 7.

Pada contoh ini, transiskom akan mengambil screenshot kotak dialog insert picture dari aplikasi Ms. Office Word 2007 :

1. Persiapkan tampilan yang ingin anda buat screenshot. Pada contoh ini, transiskom akan mengambil screenshot kotak dialog insert picture dari aplikasi Ms. Office Word 2007 :


2. Kemudian tekan tombol PrintScreen/PrtScnSysRq pada tombol keyboard.
3. Buka aplikasi Ms. Paint dengan cara klik Start > All Program > Accessories > Paint.
4. Setelah jendela Ms. Paint terbuka, klik tombol Paste atau tekan Ctrl + V secara bersamaan pada tombol keyboard, sehingga hasilnya akan tampak seperti gambar dibawah ini.


5. Klik icon selection (kotak dengan garis putus-putus), lalu drag kotak dialog Insert Picture seperti gambar dibawah ini.



6. Klik icon cut (gambar gunting) atau tekan tombol Ctrl + X secara bersamaan.
7. Klik Paint Button > klik New, atau tekan tombol Ctrl + N secara bersamaan.
8. Jika muncul kotak peringatan untuk menyimpan dokumen, klik Dont’t Save. 



9. Secara ototomatis layar Ms. Paint kembali kosong, lalu tekan icon paste atau tekan tombol Ctrl + V secara bersamaan. Hasilnya akan seperti gambar dibawah ini :



10. Klik Paint Button > Save as atau tekan tombol F12 pada keyboard. Tentukan direktori/folder mana file tersebut disimpan. Ketikan nama file sesuai keinginan anda pada kotak File name. Lalu pada bagian Save as type pilih JPEG. Lalu klik Save. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini :


11. Buka screenhot yang telah anda buat, sehingga hasilnya akan seperti gambar dibawah ini :




Semoga Bermanfaat dan Salam Transiskom
Ditulis oleh Agus Setiawan

0 Response to "Cara Membuat Screenshot dengan Paint"