Awas, Keamanan Palsu Facebook Berbahasa Indonesia

Pernah mendapat notifikasi yang menyatakan bahwa akun Facebook Anda tidak aman?. Jika jawaban Anda adalah “ya”, sebaiknya waspadalah. Vendor keamanan Symantec, dalam laporannya telah mengamati sebuah website phishing yang memalsukan merek Facebook dan mengklaim sebuah peringatan dari sistem keamanan Facebook. Ironisnya, halaman phishing tersebut dibuat dalam bahasa Indonesia dan tentunya menargetkan pengguna Facebook yang ada di Indonesia.


Situs phishing tersebut mengusung judul “Pembatalan Pemblokiran Account”. Jadi, halaman tersebut menyatakan bahwa akun si pengguna telah dilaporkan oleh pengguna lain atas pelanggaran aturan keamanan. Halaman phishing tersebut juga memperingatkan bahwa pengguna harus mengkonfirmasi identitas mereka dalam waktu 24 jam. Caranya dengan memberikan informasi berupa email dan password login, beserta tanggal lahir pengguna dan apabila pengguna tidak melakukannya, maka sistem keamanan akan menutup akun tersebut secara permanen.

Screenshot Situs Keamanan Palsu Facebook
Yang menjadi jebakan adalah pesan tersebut dirancang seolah-olah benar dikirim dari sistem keamanan Facebook. Padahal, situs tersebut diciptakan dengan motif untuk mencuri informasi tersebut milik pengguna. Namun setelah pengguna memasukan informasi tersebut, halaman phishing kembali error dan menyatakan bahwa informasi yang dimasukkan tidak valid. Jika informasi tersebut dimasukkan kembali untuk kedua kalinya, halaman phishing akan mengarahkan ke situs Web Facebook yang asli. Situs phishing tersebut disinyalir berasal dari sebuah situs penyedia Web gratis. Jadi, tetap waspadalah.




Semoga Bermanfaat dan Salam Transiskom
Referensi : http://www.infokomputer.com/reguler/awas-keamanan-palsu-facebook-merajalela

0 Response to "Awas, Keamanan Palsu Facebook Berbahasa Indonesia"