8 Hal Kegunaan PC Lama

Setelah sekian lama menabung, akhirnya Anda membeli sebuah PC (Personal Computer) baru. PC baru tersebut jauh lebih bagus dan cepat. Sekarang, komputer lama Anda nganggur. Apakah komputer lama itu akan dibiarkan begitu saja?. Kasihan kan setelah selama ini menemani Anda dengan setia, lalu dibuang begitu saja setelah ketemu yang baru. Anda dapat melakukan banyak hal dengan PC lama. Berikut ini beberaa cara untuk memanfaatkan PC lama Anda.

Dijadikan NAS atau Home Server

Jika Anda memiliki jaringan di rumah dan memiliki beberapa komputer, PC lama itu bisa digunakan kembali sebagai NAS (Network-Attached-Storage) atau bahkan sebagai server. Anda dapat mengubah PC lama menjadi NAS  dengan menggunakan FreeNAS. FreeNAS adalah mini server yang bersifat open source software.  Aplikasi ini didasarkan pada FreeBSD, yang merupakan varian dari UNIX. FreeNAS dapat di-download gratis dari http://freenas.org/downloads.

Sumbangkan ke lembaga pendidikan

Jika PC Anda tidak terlalu kuno, pertimbangkan untuk menyumbang ke lembaga pendidikan yang benar-benar membutuhkan. Contohnya panti asuhan, majlis ta'lim, atau tempat pendidikan untuk anak jalanan. Jika menyumbangkan ke tempat seperti itu, pertimbangkan untuk menginstal OS-nya (jangan dibiarkan kosong), dan menginstal beberapa aplikasi untuk pendidikan sebelum di serahkan.



Jadikan sebagai objek eksperimen

Sewaktu PC lama itu masih digunakan untuk kegiatan sehari-hari, Anda tentu masih memiliki perasaan ragu untuk mengutak-atiknya sebagai percobaan. Tapi, karena sekarang setelah ada PC baru, dapat melakukan berbagai percobaan sesuka Anda pada PC lama. Percobaan yang dapat Anda lakukan banyak sekali bisa hardwarenya atau softwarenya, salah satu contohnya adalah menginstal linux dan windows di dalam satu harddisk atau dual boot. Atau Anda ingin bereksperimen mengutak-atik sistem operasi yang cukup membahakan sistem. Lakukan saja, karena bila sistem operasi itu rusak, bisa diinstal ulang lagi tanpa menbahayakan data-data penting Anda. Selain itu Anda bisa belajar membongkar dan merakit kembali PC jika Anda sudah menguasai teorinya. Anda juga bisa belajar meng-overclock PC lama tersebut.


Berikan ke keluarga

Tidak semua orang beruntung, masih banyak keluarga atau kerabat kita yang komputernya sangat lawas/jadul sekali atau bahkan tidak punya sama sekali. Anda bisa memberikannya ke mereka keseluruhannya satu unit atau hanya beberapa komponennya saja. Misalnya, Anda seorang gamer dan hobi gonta-ganti / upgrade video card, maka video card lama itu bisa dihibahkan.

Gunakan untuk bermain game jadul

Ingin bernostalgia dengan game-game lama?. Anda bisa menginstal windows 98, sehingga dapat menjalankan game berbasis DOS. Beberapa game berbasis DOS yang dulu pernah populer, antara lain Doom II, Duke Nukem 3D, The Secret of Monkey Island, Civilization, Command & Conquer, The Settlers II dan Ultima VIII.



Jadikan sebagai komputer publik

Dibandara Anda pasti pernah melihat ada komputer yang bisa diakses dan digunakan oleh siapapun yang menjadi pengunjung bandara itu. Nah, kenapa tidak menaruh PC lama itu di ruang tamu atau diruang keluarga sehingga bisa digunakan oleh semua anggota keluarga Anda, atau tetangga Anda. Mungkin bisa digunakan untuk cek-email, browsing, pengetikan, atau kegiatan lain yang ringan-ringan.


Jadikan Kanibal

Membeli sebuah PC baru bukan berarti semuanya harus baru. Masih banyak komponen-komponen yang bisa digunakan kembali dari PC lama. Untuk processor, motherboard, video card, dan RAM mungkin tidak dapat digunakan lagi. Tapi untuk drive optik (DVD / CD ROM Drive), kipas, casing, harddisk, dan kabel-kabel masih bisa digunakan kembali untuk PC yang baru.

Nah, bila beberapa komponen sudah dikanibal untuk PC yang baru, bagaimana nasib dari komponen-komponen yang masih tersisa itu? lihat bahasan berikutnya.

Jual

Bila semua opsi diatas tidak ada yang memuaskan, Anda bisa menjual PC lama tersebut ke orang lain. Penjualannya bisa dilakukan secara langsung atau diiklankan melalui brosur yang ditempelkan di tembok / tiang listrik, atau melalui forum jual-beli dinternet, misalnya di kaskus.us. Pastikan iklan yang Anda buat itu menyertakan gambar produk sebenarnya, spesifikasinya, dan sertakan nomor telepon, email, atau alamat Anda agar bisa dihubungi oleh si calon pembeli.



Semoga Bermanfaat dan Salam Transiskom
Ditulis oleh Agus Setiawan
Referensi : Tabloid PC Mild edisi 23/2010  (2-15 Desember 2010)

0 Response to "8 Hal Kegunaan PC Lama"