Protokol-Protokol TCP/IP

TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) adalah protokol yang digunakan internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet. Protokol ini tidaklah dapat berdiri sendiri, karena memang protokol ini berupa kumpulan protokol. Protokol ini juga merupakan protokol yang paling banyak digunakan saat ini. TCP/IP memiliki 4 layer dan masing-masing layer memiliki beberapa protokol.


Network Interface Layer

Layer ini bertanggung jawab mengirimkan data dan menerima dat dari  media fisik. contoh ethernet, SLIP dan PPP.

  1. Ethernet
    Interface ini merupakan sebuah card yang terhubung ke card yang lain secara langsung atau melalui hub/switch dengan menggunakan kabel Twisted Pair atau kabel Coaxial yang sudah di terminasi ujungnya
  2. SLIP dan PPP
    Modem telepon dihubungkan ke komputer via serial atau usb port. protokol yang banyak dipakai untuk menangani jalur serial ini ialah SLIP (Serial Line Interface Protocol) dan PPP (Point to Point Protocol).
    • SLIP (Serial Line Interface Protocol) ialah teknik enkapsulasi datagram yang paling sederhana di internet.
    • PPP (Point to Point Protocol) terdiri dari beberapa protokol mini. diantaranya adalah :
      • LCD (Link Control Protocol) berfungsi membentuk dan memelihara link
      • Authentication Protocol digunakan untuk memeriksa boleh tidaknya user menggunakan link ini . ada dua jenis autentikasi yang umum digunakan yaitu PAP (Password Authentication Protocol) dan CHAP (Challenge Handshake Authentication Protocol)
    • NCP (Network Control Protocol) berfungsi untuk mengkoordinasi operasi bermacam-macam protokol jaringan menggunakan Link PPP ini. Beberapa hal yang dilakukan oleh protokol ini ialah menegosiasikan jenis protokol kompresi yang akan dipakai serta menanyakan IP address mitranya.
     
  3. Internet Layer
    • IP (Internet Protocol)
      Protokol IP merupakan inti dari protokol TCP/IP seluruh data yang berasal dari protokol pada layer diatas IP harus dilewatkan, diolah oleh protokol  IP, dan dipancarkan sebagai paket IP, agar sampai ke tujuan, dalam melakukan pengiriman data, IP memiliki sifat yang dikenal sebagai Unreliable, Connectionless, datagram delivery service.
    • ICMP (Internet Control Message Protocol)
      Adalah protokol yang bertugas mengirimkan pesan-pesan kesalahan dan kondisi lain yang memerlukan perhatian khusus. Pesan atau paket ICMP dikirim jika terjadi masalah pada layer IP dan layer atasnya (TCP/UDP).
    • ARP (Address Resolution Protocol)
      ARP adalah protokol yang bertugas untuk memberikan ethernet address yang berasal dari chace-nya untuk suatu host yang ingin mengirim pesan kesuatu host lain. Jika di chace tidak ada maka ARP akan memberikan paket ke alamat broadcast. (seluruh jaringan) yang berisi pertanyaan berapakah ethernet address yang dimiliki oleh host tujuan.
     
  4. Transport Layer
    Transport layer merupakan layer komunikasi data yang mengatur aliran data antar dua host, untuk keperluan aplikasi diatasnya. Ada dua protokol pada layer ini yaitu TCP dan UDP.
    • TCP (Transmission Control Protocol)
      TCP menyediakan service yang dikenal dengan connection oriented, reliable, byte stream service.
      Connection oriented berarti sebelum melakukan pertukaran data, dua aplikasi pengguna TCP harus melakukan pembentukan handshake / Jabat tangan terlebih dahulu. Reliable berarti TCP menerapkan proses deteksi kesalahan paket dan retransmisi. Byte Stream Service berarti paket dikirimkan dan sampai ke tujuan secara berurutan.
    • UDP (User Datagram Protocol)
      UDP merupakan protokol transport yang sederhana. Berbeda dengan TCP yang connection oriented, UDP bersifat connectionless. Dalam UDP tidak ada sequencing (pengurutan kembali) paket yang datang, acknoledgment terhadap paket yang datang, atau retransmisi jika paket mengalami masalah ditengah jalan. UDP bersifat Broadcasting atau Multicasting. Pengiriman datagram ke banyak client sekaligus akan efisien jika proses menggunakan protokol UDP karena bersifat connectionless.

Semoga Bermanfaat dan Salam Transiskom
ditulis oleh Agus Setiawan
Referensi : TCP/IP standar desain dan implementasi karya Onno W. Purbo

1 Response to "Protokol-Protokol TCP/IP"

  1. Terima Kasih Atas infonya ..
    artikel yang sangat bagus ..

    ReplyDelete