Konsep Dasar TCP/IP

Komunikasi data merupakan proses pengiriman data dari satu komputer ke komputer lain. Untuk dapat mengirimkan data diperlukan alat khusus yang disebut network interface (interface jaringan). Jenis network interface ini bermacam-macam tergantung pada media fisik yang digunakan. Dalam proses pengiriman data ini terdapat beberapa masalah yang harus dipecahkan. Pertama, data harus dapat dikirimkan ke komputer yang tepat sesuai tujuannya. Hal ini akan menjadi rumit jika komputer tujuan transfer data ini tidak berada pada jaringan lokal. Melainkan di tempat yang jauh. Jika lokasi komputer yang saling berkomunikasi jauh (secara jaringan) maka terdapat kemungkinan data rusak atau hilang.


Dalam memecahkan masalah transfer data diatas para ahli jaringan komputer pun melakukan hal yang sama untuk setiap problem komunikasi data, diciptakan solusi khusus berupa aturan-aturan untuk menangani problem tsb. Untuk menangani semua masalah komunikasi data, keseluruhan aturan ini harus bekerja sama satu dengan yang lainnya. Sekumpulan aturan untuk mengatur proses pengiriman data ini disebut sebagai protokol komunikasi data. protokol ini diterapkan dalam bentuk program komputer (software) yang terdapat pada komputer dan perlalatan komunikasi lainnya.

TCP/IP adalah sekumpulan protokol yang didesain untuk melakukan fungsi-fungsi komunikasi data pada Wide Area Network (WAN). TCP/IP terdiri atas sekumpulan protokol yang masing-masing bertanggung jawab atas bagian-bagian tertentu dari komunikasi data. Berkat prinsisp ini, tugas masing-masing protokol menjadi sederhana. Protokol yang lain tidak perlu mengetahui cara kerja protokol yang lain, sepanjang ia masih saling mengirim dan menerima data.

TCP/IP terdiri atas empat lapis kumpulan protokol, yaitu :
  1. Network Interface Layer
  2. Internet Layer
  3. Transport Layer
  4. Application Layer
Jika suatu protokol menerima data dari protokol lain di layer atasnya, ia akan menambahkan informasi tambahan miliknya ke data tersebut. Informasi ini disebut header yang berfungsi sesuai dengan fungsi protokol tsb. Setelah itu data diteruskan ke protokol pada layer dibawahnya.

Lapisan terbawah yaitu Network interface layer. bertanggung jawab mengirim dan menerima data ke dan dari media fisik (kabel, serat optik, dan gelombang radio).

Lapisan berikutnya adalah Internet layer yang bertanggung jawab dalam proses pengiriman paket ke alamat yang tepat. Pada layer ini terdapat tiga macam protokol yaitu, IP, ARP, dan ICMP. IP (internet Protokol) berfungsi untuk menyampaikan paket data ke alamat yang tepat. ARP (Address Resolution Protokol) ialah protokol yang digunakan untuk menentukan alamat hardware dari host yang terletak pada jaringan yang sama.

Transport layer, berisi protokol yang bertanggung jawab untuk mengadakan komunikasi antara dua host. Kedua protokol tsb ialah TCP (Transmission Control Protocol) dan UDP (User Datagram Protocol).

Layer Teratas, ialah Application Layer. Pada layer inilah terletak semua aplikasi yang menggunakan protokol TCP/IP. Seperti email, FTP, HTTP, dsb.



Semoga Bermanfaat dan Salam Transiskom
Ditulis oleh Agus Setiawan
Referensi : TCP/IP Standar desain, dan Implementasi. Karya Onno W. Purbo

0 Response to "Konsep Dasar TCP/IP"