Penyebab Komputer Berjalan Lambat

Kebanyakan orang awam hanya menganggap bahwa komputer lambat hanya diakibatkan karena kemampuan prosesor atau memory yang digunakan. Akan tetapi pada kenyataannya belum tentu hal tersebut penyebabnya, Banyak faktor yang menyebabkan komputer lambat, misalnya suhu yang terlalu panas, terlalu banyak program yang aktif, dll. Dengan mengetahui  masalah-masalah yang terlihat, sehingga kita bisa menyimpulkan dimana sumber penyebabnya setelah itu baru diperbaiki. Berikut ini beberapa penyebab komputer berjalan lambat berdarsarkan penglamanan saya :

1. Cara Pemakaian komputer

Baik atau tidaknya kondisi komputer pastinya sangat tergantung dari pemakaian komputer. Sebagus apapun ketahanan dan spesifikasi komputer kita, jika diperlakukan dengan tidak baik pasti akan menimbulkan masalah seperti menjadi lambat bahkan rusak, Berikut ini beberapa contoh pemakaian komputer dengan baik dan benar :

2. Spesifikasi Hardware

Pastikan Hardware yang digunakan sudah memenuhi kebutuhan minimum yang telah direkomendasikan sistem operasi ataupun aplikasi-aplikasi yang telah terinstal didalamnya, Spesifikasi minimum tersebut dapat dilihat pada saat anda melakukan isntalasi, internet, ataupun dari readme file.

3. Kondisi Hardware

Hardware yang bermasalah akan berdampak pada kecepatan komputer, Hardware utama yang paling umum berpengaruh diantaranya ialah prosesor, motherboard, memori, hardisk, dan power supply. Berikut ini prosedur pengecekan kondisi hardware :
  • Periksa apakah power supply bekerja dengan baik, dan daya/tegangan/arus yang di keluarkan sudah mencukupi / tidak
  • Pastikan hardware beserta kabel-kabelnya sudah terpasang dengan benar
  • Periksa apakah Voltage prosesor terlalu rendah / tinggi melalui BIOS
  • Periksa kondisi memory dengan cara mencoba menggunakan memory yang lain / gunakan memory tersebut dikomputer lain
  • Pastikan Share memory untuk VGA tidak terlalu besar
  • Pastikan hardisk tidak bad sector, tidak terlalu banyak data dan ter-defrag
  • Pastikan seluruh komponen hardware bersih dari debu, korosi, dan kotoran lain
4. Suhu Hardware

Suhu sangat berpengaruh pada performa komputer, suhu yang terlalu tinggi tidak hanya menyebabkan komputer berjalan lambat tapi juga bisa menyebabkan komputer tersebut restart, ataupun mati secara tiba-tiba. Tingkat suhu hardware dapat dilihat melalui BIOS, ataupun aplikasi lain seperti PC Wizard. Jika suhu hardware memang tinggi, solusinya dengan cara :
  • Atur dan rapikanlah kabel-kabel didalam casing supaya sirkulasi udara lancar
  • Pastikan komponen pendingin seperti Kipas masih berfungsi dengan baik, dapat beroperasi dengan lancar dan kecepatannya tidak rendah
  • Tambahkan Fan Casing dan Fan Hardisk jika diperlukan
  • Jangan meng-overclock CPU terlalu berlebihan
  • Jangan terlalu sering menyalakan dan mematikan komputer berkali-kali dalam sehari
  • Pastikan anda tidak menyalakan komputer secara nonstop 24 jam
5. Kebutuhan Software

Jangan menginstal sistem operasi maupun aplikasi yang memiliki kebutuhan spesifikasi hardware lebih tinggi dari hardware komputer yang kita gunakan, karena sudah pasti komputer tersebut akan berjalan lambat.

6. Kondisi File-file Pada Hardisk

Bersihkanlah file-file sampah
atau file yang sudah tidak berguna lagi pada hardisk secara teratur dengan menggunakan disk cleaner pada windows atau aplikasi lain seperti ccleaner, tune up utilities, dll. Lakukanlah defragmen Hardisk secara berkala supaya hardisk dapat mengakses data lebih cepat. Selain itu Sisakan ruang kosong untuk hadisk supaya tidak terlalu membebaninya. (Klik disini untuk membaca cara membersihkan file sampah hard disk)

7. Kondisi Software

Semakin banyak software yang terinstal maka akan semakin berat pula kerja komputer yang menyebabkan komputer menjadi lambat. Selain itu batasi sofware yang tidak diperlukan yang otomatis aktif pada saat star up dan juga aktif berjalan di background, seperti yahoo messenger, winamp agent, dll. Untuk menonaktifkannya dapat menggunakan Task Manager dengan cara menekan Crtrl + Alt + Del untuk menjalankannya.

8. Bersihkan Seluruh Virus Dan Malware

Virus dan malware sangat membebani kerja komputer, maka dari itu hindari dan lindungilah komputer dari infeksi virus, selain itu bersihkan juga seluruh virus yang ada, berikut beberapa solusinya :

Scan komputer secara rutin menggunakan anti virus yang handal tapi tidak memberatkan komputer
Aktifkan firewall jika komputer terkoneksi dengan jaringan
Selalu scan media eksternak lainnya yang terhubung dengan komputer seperti flask disk, CD-ROM dll.
Non-aktifkan / disable autorun windows

9. Optimasi Sistem Operasi

Nonaktifkan-lah fasilitas-fasilitas atau service sistem operasi yang tidak diperlukan seperti pada tampilan yang digunakan. fitur-fitur yang dinonaktifkan diantaranya adalah :
  • yahoo messenger
  • auto run
  • visual effect
  • indexing service
  • dll 

    Baca Juga :
    1. Mengenal Home Automation System (Rumah Pintar)
    2. Cara Cepat dan Mudah Belajar Mengetik dengan 10 Jari
    3. Simulator Pesawat Ruang Angkasa Gratis, Lengkap, dan Realistic.

    7 Responses to "Penyebab Komputer Berjalan Lambat"

    1. for diskon gila disdus.com : Oke, sering2 berkunjung ya..

      ReplyDelete
    2. siiipp... makasi infonya.
      kunjungi balik ya...
      catatansukiman.blogspot.com/

      ReplyDelete
    3. berapa jam sehari sebaiknya komputer nyala agar tidak cepat rusak?

      ReplyDelete
    4. Berdarsarkan pengalaman saya, tidak masalah sampai 12 jam yang penting sistem pendinginnya bagus/tidak panas. kalau pakai laptop tambah cooler pad.

      ReplyDelete