Microsoft Windows XP

Microsoft Windows XP kependekan dari Microsoft Windows Experience  merupakan sistem operasi berbasis grafis (gambar) dengan berbagai fasilitas, dan kemudahan dalam pengoperasiannya.Microsoft Windows XP ini merupakan salah satu produk unggulan dari Microsoft Corporation yang secara resmi dikeluarkan pada tanggal 25 Oktober 2001.

Microsoft Windows XP yang selanjutnya yang disingkat dengan Windows XP ini merupakan kelanjutan dari dari Windows versi sebelumnya dengan berbagai fasilitas yang ada didalamnya, baik merupakan fasilitas penyempurnaan maupun fasilitas terbaru yang tidak ada pada versi sebelumnya. Dengan Windows XP ini anda akan dipermudah dalam penggunaannya, lebih menyenangkan, lebih cepat, kompatibel dengan berbagai perangkat lunak (software) maupun perangkat keras (hardware). Hal inilah yang menyebabkan semakin banyak pengguna sistem operasi Windows XP ini dalam masyarakat.

Banyak perubahan yang terjadi dalam system operasi Microsoft Windows XP ini, mulai dari masalah registrasi,kelengkapan driver, peningkatan performance, design interface baru, Internet Explorer dengan versi terbaru yang mengarahkan orientasi user dalam penggunaannya, sampai sesuatu yang belum pernah diterapkan pada Microsoft Windows generasi-generasi sebelumnya, yaitu Firewall.



Microsoft Windows XP menggunakan kernel Windows 2000 yang telah dimodifikasi dengan penambahan peripheral-peripheral yang sangat banyak serta meningkatkan kemampuan untuk mengenali hardware-hardware baru yang terdapat dalam suatu komputer yang dikenal dengan istilah plug and play sebagai dasar dari sistem operasinya. Kernel yang dimiliki oleh Windows XP adalah kernel yang paling stabil yang dimiliki oleh pihak Microsoft saat ini.

Microsoft juga memperbaiki beberapa kode perintah pada kernel untuk meningkatkan proses booting, manajemen memori dan yang terpenting adalah proses pengaturan registry.

Dynamic Library Link (DLL)

Microsoft Windows XP telah mengubah sistem kerja dari DLL yang dimiliki oleh sistemnya. Pada generasi sebelumnya, Windows hanya bisa menggunakan DLL tunggal pada sistem operasinya yang dapat mengakibatkan terjadinya crash pada program-program lama yang menggunakan suatu DLL tertentu. Hanya ini terjadinya karena adanya penghapusan DLL lama jika DLL dengan versi yang lebih baru dimasukkan ke dalam sistem. Semuanya itu karena pada pengaturan kernel, Windows hanya dapat menggunakan sebuah duplikasi terhadap suatu DLL.

Lain halnya dengan pengaturan kernel XP. Pada sistem operasi ini DLL yang lama tidak akan dihilangkan dari sistem jika terdapat DLL baru yang masuk ke sistem. Oleh karena itu pada sistem Windows XP, program-program lama yang menggunakan suatu DLL tidak akan terganggu kinerjanya karena adanya program-program baru yang menggunakan DLL yang baru.

Dalam sistem Windows XP ini DLL untuk masing-masing program dapat bekerja secara simultan dengan menggunakan ruang memori yang berbeda  di dalam menjalankan program aplikasi masing-masing.


Memori

Pada Windows XP, penggunaan virtual memori telah dikurangi dengan mengoptimalkan pengaturan manajemen memori pool. Selain itu jumlah alamat memori dalam sistem Windows XP yang dapat dipetakan telah ditingkatkan menjadi 2 (dua) kali lipat dari alamat memori yang diatur oleh kernel Windows 2000.

Pada kernelnya, Windows XP menggunakan konsep Small Pool dan Large Pool dimana jika sistem meminta penyimpanan pada small pool maka untuk aplikasi yang membutuhkan memori yang lebih besar, penyimpanan dapat ditempatkan pada large pool. Hal ini memungkinkan large pool tidak terlalu terfragmentasi sehingga Windows dapat selalu menyediakan jumlah memori dalam ukuran besar dan cepat.

Selain itu kernel XP juga menangani low-memory dengan cukup baik. Dengan menggunakan I/O throttling, ketika resource dalam keadaan low, sistem operasi dapat mengurangi pemrosesan memori. Walaupun sistem akan melambat tetapi sistem tidak akan mengalami crash.

Registry

Dalam menangani sistem registry, Windows XP menerapkan sistem algoritma baru yang dapat mengurangi fragmentasi registry. Memori registry dapat dipindahkan dari ruang memori kernel ke address memori tertentu untuk meningkatkan kapasitas. Ketika suatu aplikasi dijalankan maka dengan sendirinya sistem operasi akan memanggil entry yang dibutuhkan agar dapat mengakses secara install jika membutuhkannya.

Yang memiliki dampak yang paling dalam adalah bahwa Windows XP melakukan cache pada seluruh key registry, baik yang ada maupun yang tidak ada.

Keunggulan Windows XP

  1. Microsoft Windows XP memiliki stabilitas yang tinggi terhadap sistem yang dimilikinya.Aplikasi yang dijalankan pada system Windows XP dapat dijalankan oleh komputer lain melalui internet. Dengan menggunakan Remote Assistence kita dapat memonitor kerusakan komputer yang terjadi pada komputer lain dari jarak jauh melalui internet.
  2. Memiliki sistem keamanan yang dapat digunakan untuk melindungi folder-folder khusus agar dapat digunakan oleh pemiliknya sendiri.
  3. Windows XP dapat digunakan untuk berbagi aplikasi secara real time ke seluruh dunia.


Kekurangan Windows Xp

  1. Pihak Microsoft sangat membatasi kenyamanan pemakaian terhadap sistem operasi Windows XP ini dimana setiap pengguna harus melakukan aktivasi pihak Microsoft pada periode-periode tertentu.
  2. Tidak adanya Java Virtual Machine seperti generasi-generasi Windows sebelumnya.
  3.  
Semoga Bermanfaat dan Salam Transiskom
Sumber : -

1 Response to "Microsoft Windows XP"

  1. mas buat buku tamu don,k

    n jngan va mampir ke http://www.agungsh.co.cc/

    ReplyDelete