Dampak Buruk Kecanduan Game Online


Para pakar psikologi Amerika, secara resmi menyatakan kekhawatiran mereka terhadap efek yang ditimbulkan dari kebiasaan sejumlah orang yang sangat gemar bermain game online. Mereka menganggap penyakit yang ditimbulkan akibat kecanduan game online harus segera diatasi karena bisa mengakibatkan penyakit kejiwaan yang cukup parah.


Para pakar medis itu mengatakan, ‘cukup’ untuk permainan game online karena permainan itu sudah menjadi candu layaknya seseorang terikat dengan narkoba. Penyakit ketergantungan dan kecanduan berat seperti itu menurut mereka akan menjadi pintu berbagai penyakit jiwa yang lainnya. Berikut ini beberapa dampak buruk kecanduan game online secara sosial, fisik, dan psikis.

Secara Sosial
Hubungan dengan teman, keluarga jadi renggang karena waktu bersama mereka menjadi jauh berkurang. Pergaulan kita hanya di game online saja, sehingga membuat para pecandu game online jadi terisolir dari teman-teman dan lingkungan pergaulan nyata. Ketrampilan sosial berkurang, sehingga semakin merasa sulit berhubungan dengan orang lain. Perilaku jadi kasar dan agresif karena terpengaruh oleh apa yang kita lihat dan mainkan di game online.

Secara Psikis

Pikiran kita jadi terus menerus memikirkan game yang sedang kita mainkan. Kita jadi sulit konsentrasi terhadap studi, pekerjaan, sering bolos atau menghindari pekerjaan. Membuat kita jadi cuek, acuh tak acuh, kurang peduli terhadap hal-hal yang terjadi di sekeliling kita. Melakukan apa pun demi bisa bermain game, seperti berbohong, mencuri uang, dll. Terbiasa hanya berinteraksi satu arah dengan komputer membuat kita jadi tertutup, sulit mengekspresikan diri ketika berada di lingkungan nyata.


Secara Fisik
Terkena paparan cahaya radiasi komputer dapat merusak saraf mata dan otak
Kesehatan jantung menurun akibat bergadang 24 jam bermain game online. Ginjal dan lambung juga terpengaruh akibat banyak duduk, kurang minum,lupa makan karena keasyikan main. Berat badan menurun karena lupa makan, atau bisa juga bertambah karena banyak ngemil dan kurang olahraga. Mudah lelah ketika melakukan aktivitas fisik, kesehatan tubuh menurun akibat kurang olahraga, penglihatan terganggu, pingsan karena lemas. Yang paling parah adalah dapat mengakibatkan kematian. 

3 Responses to "Dampak Buruk Kecanduan Game Online"

  1. wah bener juga yah, saya dulu juga suka main game. Tapi sekarang sudah jarang, karna lebih baik belajar. hehe
    thanks infonya. keep post

    ReplyDelete
  2. Betul!Seperti teman saya.Umar namanya.

    ReplyDelete