Definisi Komputer

12/08/100 komentar

Kehidupan manusia pada zaman sekarang tidak dapat lepas dari teknologi, khususnya komputer. Bahkan, banyak perlalatan berbasis komputer yang sekarang ini umum di masyarakat, misalnya personal data assistan (PDA), GPS, HP, Translator, dsb. Komputer adalah suatu alat dengan bermacam jenis, misalnya
super komputer, mainframe, personal computer (PC), dll.. Meski komputer memiliki berbagai jenis dan fungsi, cara kerjanya akan tetap sama, yaitu menerima input, memprosesnya, kemudian menghasilkan suatu output.

Beberapa orang dan pakar peneliti telah mendefinisikan komputer sebagai berikut :
  1. Menurut Hamacher, "Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi."
  2. Menurut Blissmer, "Komputer adalah alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memprosesnya sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output berupa informasi."
  3. Fuori berpendapat bahwa "Komputer adalah pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar dengan cepat, termasuk perhitungan aritmatika dan operasi logika, tanpa campur tangan manusia." 
  4. Menurut Agus Setiawan, "Komputer adalah suatu alat yang memiliki fungsi tertentu, yang bekerja dengan cara menerima input kemudian memprosesnya, sehingga menghasilkan output sesuai dengan instuksi yang diberikan".
Jadi, dari beberapa definisi diatas dapat disimpulkan bahwa komputer adalah seperangkat alat elektronik yang terdiri dari atas perlalatan input (alat yang mengolah input), perlalatan output (alat yang memberikan informasi), serta bekerja secara otomatis.


Semoga artikel ini bermanfaat,
Kami mohon maaf apabila terdapat kesalahan, terimakasih atas perhatian anda dan salam transiskom

ditulis oleh Agus Setiawan
VSIcenter.com | Peluang Bisnis VSI | Peluang Bisnis Treni | PayTren | Veritra Pay | Bisnis Ustadz Yusuf Mansur

Share this article :

Poskan Komentar

 
Copyright © 2010-2014. TRANSISKOM.COM - All Rights Reserved
Template by Creating Website Powered by Blogger
Developed by Agus Setiawan