Pengertian USB Flashdisk

16/06/104komentar

USB flash disk adalah alat penyimpanan data memori flash tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Flash Disk ini biasanya berukuran kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulisi dengan mudah. Per November 2006, kapasitas yang tersedia untuk USB flash drive ada dari 128 megabyte sampai 64 gigabyte. Beberapa merk flashdisk yang terkenal adalah : Kingston, San-Disk, V-gen, dll


USB flash disk memiliki banyak kelebihan dibandingkan alat penyimpanan data lainnya, khususnya disket atau cakram padat. Alat ini lebih cepat, kecil, dengan kapasitas lebih besar, serta lebih dapat diandalkan (karena tidak memiliki bagian yang bergerak) daripada disket.

USB Flash Drive dalam Windows

Sistem operasi Microsoft Windows menerapkan USB flash disk sebagai USB Mass Storage Device, dan menggunakan device driver usbstor.sys. Karena memang Windows memiliki fitur auto-mounting, dan USB flash disk merupakan sebuah perangkat plug and play, Windows akan mencoba menjalankannya sebisa mungkin sesaat perangkat tersebut dicolokkan ke dalam soket USB. Windows XP dan yang sesudahnya bahkan memiliki fitur Autoplay, yang mengizinkan flash disk tersebut diakses secara keseluruhan untuk menentukan apa isi dari USB flash disk tersebut.

Akhir-akhir ini, banyak virus komputer lokal seperti halnya Brontok/RontokBro, PendekarBlank, dan virus lokal lainnya menggunakan USB flash disk sebagai media transmisi virus dari satu inang ke inang lainnya, menggantikan disket. Virus-virus yang sebagian besar berjalan di atas Windows tersebut akan semakin cepat beredar ketika memang Windows mengakses flash disk teserbut menggunakan fitur autoplay yang dimiliki oleh Windows. Karenanya, ada baiknya untuk menonaktifkan fitur autoplay, meski hal ini kurang begitu membantu mencegah penyebaran virus.


Semoga Bermanfaat dan Salam Transiskom
Referensi : http://id.wikipedia.org/wiki/Usb_flash_drive
VSIcenter.com | Peluang Bisnis VSI | Peluang Bisnis Treni | PayTren | Veritra Pay | Bisnis Ustadz Yusuf Mansur

Share this article :

+ komentar + 4 komentar

11 November 2012 22.30

thanks info nya..

lihat juga MY BLOG

21 Februari 2013 09.36

terimakasih atas infonya, jgn lupa mampir kesini yah motogp.unsri.ac.id

9 Juli 2013 18.31

nice info...

mampir juga ya...

Poskan Komentar

 
Copyright © 2010-2014. TRANSISKOM.COM - All Rights Reserved
Template by Creating Website Powered by Blogger
Developed by Agus Setiawan